Uji Usabilitas – Tiket Kereta Api

“Usability  adalah merupakan suatu atribut kualitas yang digunakan untuk menilai seberapa mudahnya tampilan antarmuka tersebut digunakan oleh pengguna. Kata “usability” di sini juga mengacu kepada metode yang digunakan untuk meningkatkan kemudahan penggunaan selama proses desain.” – Jacob Nielsen

Komponen utama usability  :

  • Learnability: seberapa mudah pengguna melakukan tugas dasar ketika pertama kali melihat desain antarmuka tersebut?
  • Efficiency: setelah pengguna mampu mengerti tampilan antarmuka yang disajikan, seberapa cepatkah mereka melakukan tugas yang lain?
  • Memoriability: ketika pengguna kembali dihadapkan oleh tampilan antarmuka yang sudah lama tidak digunakannya, seberapa mudahkah mereka dapat kembali terbiasa menggunakannya?
  • Errors: seberapa banyak kesalahan yang pengguna lakukan, seberapa parah kesalahan tersebut, dan seberapa mudahnya mereka pulih dari kesalahan tersebut?
  • Satisfaction: seberapa puaskah pengguan menggunakan tampilan antarmuka tersebut?

Berikut ini tabel hasil pengujian Usability  dari aplikasi Tiket Kereta Api

Subtask Durasi Penyelesaian (detik) Komentar

Kesalahan yang Dilakukan

Menentukan stasiun dan jumlah penumpang 104 Bingung jumlah maksimal untuk penumpang bayi
Memilih kereta yang tersedia 43 1.       Ada tombol yang tidak diketahui fungsinya

2.       List kereta dengan tiket yang masih tersedia harusnya disorting berdasarkan yang masih tersedia saja

 

Mengisi identitas penumpang 38
Memilih tempat duduk 80 User tidak melepaskan tempat duduk yang ditempatinya sebelum memilih tempat duduk lain untuk pindah
Memilih cara pembayaran 37 Bingung memilih cara bayar, (user mengira list pembayaran tidak bisa ditekan)
Mengecek Oredran tiket yang sudah dilakukan 10

 

Berdasarkan tabel di atas dapat kita ambil kesmpulan bahwa:

  • Degi learnability secara keseluruhan sudah cukup mudah untuk dipahami. Hanya ada satu kesalahan yang dilakukan user yaitu ketika memilih atau mengganti tempat duduk.
  • Dari segi memoriability aplikasi Tiket Kereta Api mudah untuk diingat. Hal ini terlihat ketika user melakukan review kembali ketika sudah berhasil melakukan pemesanan tiket, user sudah cukup familiar terhadap tampilannya.
  • Untuk efficiency, secara keseluruhan aplikasi sudah cukup efektif untuk melakukan pemesanan tiket terkecuali ketika user ingin mengubah posisi tempat duduknya. Saat mencoba untuk mengubah tempat duduknya, user melakukan kesalahan tidak melepaskan tempat duduk yang ditempatinya. Seharusnya aplikasi memudahkan user dalam memilih tempat duduk tanpa harus melepas dahulu.
  • Tidak banyak kesalahan yang dibuat oleh user. User seperti suda terbiasa menggunakan aplikasi ini. Hal ini membuktikan bahwa aplikasi Tiket Kereta Api sudah sedikit sekali memiliki Errors.
  • Waktu yang dibutuhkan user dalam mengerjakan task-task diatas cukup singkat dan user dapat dengan mudah dalam memesan tiket kereta api. Hal ini menunjukan tingkat Satisfaction atau kepuasan dari user sudah terpenuhi.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s