Consistency and standards – Tiket Kereta Api

Users should not have to wonder whether different words, situations, or actions mean the same thing. Follow platform conventions.

Screenshot:

2

Masalah Usabilitas:
1. Tombol dan icon tidak sesuai standar design Android dan cukup sulit ditebak
2. Ketidakonsistenan penggunaan bahasa
Deskripsi masalah usabilitas yang ditemukan:
Tombol yang digunakan untuk sorting list jadwal kereta berbeda dari tombol pada umumnya yang ada pada aplikasi Android. Pada aplikasi Tiket Kereta Api, tombol untuk melakukan sorting ditampilkan dengan bentuk kotak kecil. Jika kita mengacu pada prinsip Material Design yang ada pada Android, tombol ini seharusnya berbentuk lingkaran (berupa floating-button) sehingga sesuai dengan standar prinsip desain Android. Selain itu, icon yang digunakan pun bukan icon standar yang dianjurkan dalam prinsip Material Design dari Android.


Ketika user mencoba untuk mengganti penggunaan bahasa menggunakan Bahasa Inggris, semua kata-kata atau informasi pada aplikasi ini berhasil diganti dengan Bahasa Inggris. Namun saat aplikasi dikembalikan untuk menggunakan Bahasa Indonesia, ada bebrapa tombol dan informasi yang masih menggunakan Bahasa Inggris sedangkan yang lainnya sudah kembali menggunakan Bahasa Indonesia.

Saran perbaikan yang dapat dilakukan:
Saran untuk permasalahan yang pertama yaitu diharapkan untuk menggunakan floating-button dan icon standar yang dianjurkan dalam prinsip desain Android (Material Design).


Sedangkan untuk saran permasalah yang kedua yaitu agar dilakukan perbaikan pada update aplikasi berikutnya. Sehingga user yang hanya mengerti bahasa Indonesia tidak dibingungkan dengan masih adanya informasi yang ditampilkan dalam Bahasa Inggris.

Skala Severitas:
• 2
• 2

Iklan

Satu pemikiran pada “Consistency and standards – Tiket Kereta Api

  1. Untuk ketidakkonsistenan bahasa, selama itu bahasa yang sering dijumpai (seperti Login, Logout) tidak masalah. Menurut saya penggunaan kata “Retry” juga tidak masalah. Karena bahasa tersebut umum dan sering ditemukan, serta tidak mengubah persepsi user mengenai fungsi tombol itu.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s