Tool Ajaib!

 

Hai kawan semua.. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi sebuah aplikasi kecil yang mungkin cukup atau bahkan sangat berguna bagi temen-temen semua. Aplikasi ini bagi saya adalah sebuah tool ajaib. Kenapa demikian? Mari kita bahas.

Tool ajaib yang saya maksud disini adalah aplikasi Kamus. Aplikasi ini dibuat oleh Mas Ebta Setiawan. Bagi temen-temen yang berminat untuk mendownloadnya, silahkan kunjungi link berikut ini : http://ebsoft.web.id/download/kamus/.

2016-02-18
Kamus 2.04

Jika dilihat sekilas pandang, aplikasi Kamus ini terlihat seperti aplikasi-aplikasi kamus pada umumnya. Namun jika ditelisik lebih jauh tentang fitur-fitur yang ada di dalamnya, aplikasi ini memiliki fitur yang jarang ditemui pada aplikasi-aplikasi lain sejenisnya. Berikut ini fitur-fitur kesukaan saya pada aplikasi Kamus ini:

1. Always on Top

Jika kita mengaktifkan setting always on top, aplikasi ini akan selalu berada pada atas layar. Apa yang menarik dari fitur ini? Dengan mengaktifkan fitur ini, kita tidak perlu repot-repot berpindah dari aplikasi yang sedang aktif ke aplikasi Kamus ketika akan menterjemahkan sebuah kata. Hal ini akan sangat membantu sekali ketika kita sedang membaca sebuah artikel berbahsa Inggris dan kita sering menjumpai kosa-kata baru yang kita belum tau artinya. Dengan fitur always on top ini, kita cukup men-copy kata yang ingin diterjemahkan ke dalam aplikasi Kamus yang sudah ada di atas layar. Menurut saya hal ini merupakan contoh pemilihan penemptan layout yang sangat tepat bagi aplikasi ini.
#Tips1 : Double-click pada kata yang ingin di-copy untuk memblok suatu kata.

2016-02-18 (1)
Aplikasi kamus dengan fitur always on top

2. Compact vs Full Mode

Jika kita menginginkan hasil terjemahan dari aplikasi ini cukup menampilkan hasil terjemahan aplikasi yang simple, maka kita cukup mengklik tombol dengan icon panah ke atas pada pojok kanan atas aplikasi ini. Sebaliknya, jika kita ingin hasil terjemahan yang lengkap, seperti contoh frasa dan tambahan terjemahan lainnya, kita bisa beralih ke mode full dengan mengklik tombol yang sama.
#Tips2 : Gunakan Ctrl+S untuk berpindah mode

2016-02-18 (7)
Compact mode
2016-02-18 (6)
Full mode

 

3. History

Fitur history ini berguna untuk menampilkan kata-kata yang pernah kita terjemahkan pada aplikasi ini. Untuk mengaktifkannya kita cukup menekan tombol Ctrl+H, atau klik kanan pada icon aplikasi ini dan pilih History. Setelah itu akan muncul tampilan daftar kata-kata yang pernah kita terjemahkan, untuk melihat terjemahan dari kata-kata tersebut, kita cukup meng-hover atau menempatkan cursor pada kata-kata tersebut dan terjemahannya langsung di tampilkan.
#Tips2 : Gunakan Ctrl+H untuk menampilkan history

2016-02-18 (3)
Aplikasi Kamus dengan fitur History

4. Clipboard Monitoring

Fitur terakhir yang akan saya jelaskan ini merupakan fitur yang sangat saya sukai dari aplikasi ini. Fitur ini belum saya jumpai pada aplikasi-aplikasi lain sejenisnya. Dan sejauh ini setau saya hanya aplikasi ini yang memilikinya. Fitur ini berguna untuk membaca teks yang tersimpan pada clipboard komputer kita. Dengan mengaktifkan fitur ini, kita tidak perlu melakukan copy-paste kata yang akan kita terjemahkan secara manual ke dalam aplikasi ini. Kita hanya perlu mencopy kata yang akan kita terjemahkan dan hasil copy-an kata tadi akan langsung dibaca oleh aplikasi ini dan langsung diterjemahkan.

Jika kita kombinasikan seluaruh fitur-fitur yang saya sebutkan sebelumnya, maka kita dapat melakukan hal seperti ini. Pertama, aktifkan fitur always on top dan temptakan aplikasi ini di tempat yang tidak mengganggu halaman bacaan yang kita baca. Selanjutnya aktifkan fitur Clipboard Monitoring. Setelah dua fitur tersebut sudah aktif, kita lanjutkan membaca bahan bacaan kita. Ketika kita menjumpai kata yang belum kita ketahui artinya, double-click pada kata tersebut dan tekan Ctrl+C untuk mencopy kata tersebut ke clipboard dan #tralalala hasil terjemahan kata tersebut sudah ditampilkan di aplikasi Kamus. Jika kita ingin menampilkan hasil terjemahan yang lebih lengkap, cukup aktifkabn fitur nomor 2 yang saya sebutkan tadi. Jika kita menjumpai lagi kata pernah kita terjemhkan dan kita lupa apa terjemahan dari kata tadi, aktifkan fitur nomor 3.

Kesimpulan:
Aplikasi ini menurut pendapat saya pribadi, adalah sebuah #ToolAjaib yang memudahkan saya dalam menterjemahkan kata-kata bahasa Inggris. Secara layout, aplikasi ini sangat menarik dan tepat sesuai dengan fungsionalitasnya. Layout yang simple tapi sangat sesuai dengan fungsinya.

Tips tambahan:
Berikut ini tips-tips yang dapat saya berikan berdasarkan pengalaman saya selama menggunkaan aplikasi ini:
Gunakan Kamus versi 2.04, versi ini jauh lebih stabil dari versi-versi sebelumnya. Pada versi 2.03 aplikasi ini sering berhenti tiba-tiba. Fitur History pada versi 2.03 tidak sebagus pada versi 2.04.

Saran:
Untuk Mas Ebta, saya sangat berharap aplikasi ini juga ada untuk platform Linux, karena saya sampai sekarang belum menjumpai aplikasi kamus yang memiliki fitur Clipboard Monitoring.

Terima kasih sudah membaca postingan saya. Semoga bisa membantu. 😀

5 pemikiran pada “Tool Ajaib!

Tinggalkan Balasan

